PENGERTIAN AUTOCAD

Pengertian AutoCAD

Apa itu AutoCAD? Sebenarnya pengertian AutoCAD adalah software atau perangkat lunak komputer yang digunakan untuk menggambar, baik itu 2 Dimensi ataupun 3 Dimensi. CAD sendiri memiliki arti Computer Aided Design. Program ini di kembangkan oleh Autodesk,Inc, sebuah perusahaan multinasional yang bermarkas di Mill Valley, California.

AutoCAD paling sering digunakan untuk menggambar sipil, bangunan, mesin, design interior, pemetaan, piping diagram dan masih banyak lagi. Secara garis besar, AutoCAD sering digunakan oleh arsitek, engineer, maupun para designer lainnya. Interface yang ringan dengan  pengoperasian yang mudah menjadikan AutoCADsebagai software CAD paling terkenal dan paling banyak digunakan di seluruh dunia.

Pengertian AutoCAD dan Fungsinya 

AutoCAD adalah sebuah perangkat lunak CAD yang berfungsi untuk menggambar/ mendesain sebuah objek 2 dimensi maupun 3 dimensi dengan sistem CAD. AutoCAD adalah software desain yang paling populer di dunia karena keunggulannya dalam mengembangkan produk-produknya. AutoCAD dikembngkan oleh Autodesk yang memiliki banyak versi mulai dari versi pertama yang dikeluarkannya adalah 1.0 (tahun 1982) sampai dengan versi yang sekarang. AutoCAD terus berinovasi dengan mengeluarkan versi-versi terbarunya dan fitur-fitur yang lebih menarik tentunya.

pengenalan autocad
AutoCAD merupakan sebuah program yang biasa digunakan untuk tujuan tertentu dalam menggambar serta merancang dengan bantuan komputer dalam pembentukan model serta ukuran dua dan tiga dimensi atau lebih dikenali sebagai “Computer-aided drafting and design program” (CAD). Program ini dapat digunakan dalam semua bidang kerja terutama sekali dalam bidang-bidang yang memerlukan keterampilan khusus seperti bidang Mekanikal Engineering, Sipil, Arsitektur, Desain Grafik, dan semua bidang yang berkaitan dengan penggunaan CAD. Sistem program gambar dapat membantu komputer ini akan memberikan kemudahan dalam penghasilan model yang tepat untuk memenuhi keperluan khusus di samping segala informasi di dalam ukuran yang bisa digunakan dalam bentuk laporan, Penilaian Bahan (BOM), fungsi sederhana dan bentuk numerial dan sebagainya.

 

Pada jendela AutoCAD diatas terdapat beberapa menu yang terdapat dalam AutoCAD. Keterangan dari menu-menu tersebut adalah:

Menu Bar :Berisi tentang perintah-perintah dalam AutoCAD selainToolbar.

Menu Toolbar :Tombol-tombol berisi perintah dari AutoCAD dan ditampilkan dalam bentuk symbol/icon

Crosshair :Sebagai alat navigasi di AutoCAD (kursor).

UCS Icon :User Coordinat System yaitu sistem koordinat yang dipakai oleh autocad dengan sumbu (X,Y) pada 2D dan sumbu (X,Y,Z) pada 3D.

Command Line :Merupakan baris perintah dari AutoCAD, yang berfungsi untuk memasukkan perintah perintah AutoCAD, sepertiLINE, CIRCLE, RECTANGLE dan sebagainya.

Display :Tempat untuk menampilkan gambar, melakukan penggambaran dan pengeditan gambar.
Fungsi Tombol Keyboard pada AutoCAD

 

Pada keyboard terdapat beberapa fungsi yang dipakai pada saat pengoperasian AutoCAD. Beberapa fungsi tombol tersebut antara lain:

Esc :Berfungsi untuk membatalkan perintah

F1 :Berfungsi untuk memberikan bantuan dari perintah AutoCAD.

F2 :Berfungsi untuk menampilkan jendela AutoCAD Text Window, dimana pada AutoCAD Text Window kita dapat melihat history dari perintah dalam pembuatan sebuah gambar.

F3 :Berfungsi untuk mengaktifkan dan menonaktifkan Osnap dari AutoCAD

F4 :Berfungsi untuk mengaktifkan dan menonaktifkan Tablet dari AutoCAD

F5 :Berfungsi untuk merubah bidang gambar menjadi posisiIsometric

F6 :Berfungsi untuk mengaktifkan dan menonaktifkan Coordinatdari AutoCAD

F7 :Berfungsi untuk menampilkan dan menghilangkan Grid padadisplay AutoCAD

F8 :Berfungsi untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fungsi modus Orthogonal dari AutoCAD. Jika modus Orthogonal aktif, maka pergerakan kursor ketika menggunakan perintah AutoCAD hanya akan bergerak secara vertikal dan horisontal.

F9 :Berfungsi untuk mengaktifkan dan menonaktifkan Snap dari AutoCAD

F10 :Berfungsi untuk mengaktifkan dan menonaktifkan Polar dari AutoCAD

F11 :Berfungsi untuk mengaktifkan dan menonaktifkan Object Snap Tracking (OTRACT) dari AutoCAD

F12 :Berfungsi untuk mengaktifkan dan menonaktifkan Dynamic Input (DYN) dari AutoCAD

Enter :Berfungsi untuk menyetujui perintah yang ditulis  dari AutoCAD

Space Bar :Berfungsi untuk menyetujui perintah yang ditulis  dari AutoCAD

 

SUMBER

http://autocad5.blogspot.sg/2016/02/penjabaran-autocad.html

https://id.wikipedia.org/wiki/AutoCAD

http://www.macworld.com/article/1159942/software-graphics/autocad11.html

 

 

 

Leave a comment